Jumat, 06 Juli 2012

Membuat Jaringan LAN dengan Bluetooth



Bluetooth merupakan suatu perangkat nirkabel untuk mentransfer data antara Laptop dengan HP, Laptop dengan PC dan sebaliknya dengan ketentuan jarak antara perangkat tersebut tidak jauh. Akan tetapi, ternyata bluetooth juga bisa dijadikan untuk membangun jaringan LAN (Local Area Netwok).

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat jaringan LAN dengan Bluetooth:
  1. siapkan beberapa buah bluetooth (tergantung banyak komputer yang akan disambungkan ke jaringan) beserta drivernya
  2. pasang bluetooth di USB komputer lalu install bluetooth seperti biasa..
  3. jika installasi sudah selesai, biasanya akan muncul icon bluetooth di tray bar. Jika warnanya sudah putih berarti bluetooth aktif dan siap digunakan, tapi jika masih merah berarti bluetooth belum aktif. Maka yang harus kita lakukan adalah klik kanan iconnya lalu pilih start bluetooth device.
  4. coba pairing (menghubungkan) antara 1 computer dengan computer lain. Caranya klik kanan icon bluetooth pilih quick connect-network acces-other device. Dan silahkan tunggu sebentar, bluetooth sedang mencari perangkat yang aktif. Jika ada perangkat yang aktif maka akan muncul nama komputer, klik nama komputer itu. Biasanya saat pertama kali pairing akan diminta memasukkan code tertentu. Masukkan saja sembarang code tapi ingat code yang dimasukkan harus sama antara satu komputer dengan komputer lainnya.
  5. Jika sukses maka akan keluar tulisan "created network with..."
  6. sekarang komputer anda sudah siap untuk saling bertukar data.
  7. tapi biasanya untuk sharing internet masih belum bisa.kita harus melakukan settingan tertentu. Caranya pilih control panel-network connection-pilih coneksi yang kamu pakai,trus klik kanan pilih properties-advanced.disana akan ada pilihan internet connection sharing.aktifkan pilihan "allow other network users to connect through this computer internet's connection"..lalu di kotak home network connection pilih "bluetooth network"

Taraaaa......
Jaringan via bluetooth udah selesai.
Dan selamat melakukan pertukaran data atau informasi antar komputer yang terhubung jaringan.
Cara ini juga bisa dipraktekkan langsung ke warnet yang mau buat jaringan tanpa kabel.
Sekian dulu info saya.
Terimaksih..........


Penulis


Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...