Rabu, 28 November 2012

Seram, di Himalaya ada danau tengkorak



Danau tengkorak ini bernama danau Roopkund yang terletak di ketinggian 5.029 meter (16.500 kaki) di sekitar pengunungan Himalaya, Roopkund, India. Pada danau ini terdapat sejumlah misteri menarik. Danau ini disebut danau tengkorak sejak ditemukan kuburan massal yang didalamnya terdapat sekitar 300-600 kerangka manusia oleh penjaga taman nasional pada tahun 1942.


Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa kerangka-kerangka ini berasal dari manusia yang telah mati sekitar abad ke-12 sampai 15 yang kematiannya disebabkan oleh bencana alam seperti longsor, badai salju atau epidemi.


Dari cerita rakyat lokal disebutkan penyebab kematian manusia tersebut yaitu terdiri dari beberapa sebab seperti orang-orang dari Tibet yang mengembara atau pedagang yang telah tersesat, dan orang yang melakukan bunuh diri ritual, serta tentara yang kalah, dll.

Pada tahun 2004, sebuah tim Ilmuan Eropa dan India dikirim oleh National Geographic Channel untuk mengunjungi danau Roopkund untuk melanjutkan penelitian. Pada penelitian mereka menemukan harta antropologis seperti mayat yang terawat baik, perhiasan, tulang dan tengkorak.


Kemudian pada kerangka tersebut dilakukan lah tes DNA dan mendapat hasil bahwa kerangka tersebut merupakan miliki 2 kelompok yang berbeda. Kelompok pertama memiliki ciri perawakan lebih pendek yang kemungkinan mereka adalah pengrajin lokal atau porter, dan kelompok kedua memiliki ciri keperawakan lebih tinggi yang kemungkinan berasal dari anggota klan yang sama dengan kelompok pertama.

Penelitian terbaru dilakukan tim NGC, mengungkapkan bahwa telah ada kesalahan data kronologis pada penanggalan yang dilakukan sebelumnya. Kerangka kerangka ini dianggap berasal dar abad ke 9. Para ilmuwan dari London dan Hyderabad memeriksa tengkorak untuk mengetahui apakah kerangka kerangka tersebut mengalami patah tulang, yang mereka anggap sebagai hasil dari hujan badai yang disertai bola bola es (hailstorm) secara tiba-tiba. Bola es yang terjadi disini volumenya luar biasa besar - rata-rata seukuran bola tenis.


Tidak heran bahwa siapa pun yang terkena Hailstorm di Garhwal Himalaya tanpa ampun akan binasa. Udara beku dan hantaman bola bola es besar memberikan kontribusi terhadap holocaust mereka. Dan diperkirakan bahwa lebih dari satu longsor telah melanda Roopkund sejak kematian orang orang itu. Longsor inilah yang mengubur beberapa mayat ke dasar danau, dimana mayat mayat tersebut masih ditemukan utuh, terawetkan di bawah es.



Jika pun teori penyebab kematian tragis ini benar, ada satu pertanyaan lagi yang menyusul dan membingungkan. Yaitu tentang kemana orang-orang ini pergi. Roopkund bukanlahh sebuah daerah historis signifikan dan tidak ada jejak dari setiap rute perdagangan ke Tibet telah ditemukan disini. Roopkund juga bukan situs untuk ziarah yang menarik sekelompok besar orang.

+ komentar + 2 komentar

Anonim
10 Desember 2012 pukul 14.39

gan klo ngopas tolong di cantmin link sumbernya donk....

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Seram, di Himalaya ada danau tengkorak
10 Desember 2012 pukul 16.17

Udah dicantumkan gan...
makasih atas kunjungannya...

tapi ini artikel sebagian dari kata-kata saya bukan copas belaka semuanya.

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...